Profil

          Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) marupakan Perguruan Tinggi Swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Cendekia Utama (YPCU). Beridirinya Unitomo pada tanggal 31 Juli 1981, berawal dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA). Fakultas yang pertama didirikan  adalah: Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Perikanan dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Seiring dengan perkembangan kebutuhan masyarakat dan perkembangan lembaga, maka unitomo menambah empat fakultas yang pendiriannya secara berurutan: Fakultas Ekonomi, didirikan tahun 1983; Fakultas Teknik, Fakultas Sastra dan Fakultas Ilmu Komunikasi, didirikan  tahun 1984; dan  Fakultas Hukum didirikan tahun 1985. Dengan uraian tersebut, maka Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) merupakan fakultas yang menjadi embrio berdirinya unitomo.

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi ke-1 dijabat oleh Ki H. Mohammad Saleh, sekaligus merangkap sebagai ketua YPCU.  Pada periode ini FIA memiliki dua program studi, yakni program studi Administrasi Negara dan program Studi Administrasi Negara. Periode berikutnya Dekan ke-2 dijabat oleh Drs. Sudarmadji, MM. Pada periode ini FIA mendirikan satu program studi, yakni program studi D3 Kesekretariatan. Dekan ke-3 dijabat oleh Drs. Basuki Nugroho. Dekan ke-4 dijabat oleh Drs. Sayuti Rofiyanto, M.Si. Dekan ke-5 dijabat oleh Dr. Eny Haryati, M.Si. Pada periode ini unitomo mendirikan satu program Pascasarjana, program Magister Ilmu Administrasi, yang pengelolaannya berada di bawah Direktur Program Pascasarjana.  Dekan ke-6 dijabat oleh Drs. Basuki Nugroho, M.Si. Pada periode ini adanya pelimpahan kewenangan pengelolaan program Magister Ilmu Administrasi dari Direktur Pascasarjana ke FIA. Bersamaan dengan pengelolaan program Magister Ilmu Administrasi dilaksanaan oleh fakultas, yang mensyaratkan Dekan FIA harus memiliki pendidikan doktor, maka Dekan ke-7 dijabat oleh Dr. Amirul Mustofa, M.Si. Dengan demikian, saat ini FIA memiliki empat program studi, yakni Administrasi Negara, Administrasi Niaga, D3 Kesekretariatan, Magister Ilmu Administrasi.

Berbagai perubahan dan inovasi kurikulum, senantiasa dilakukan secara periodik dalam rangka untuk menyesuaikan perkembangan ilmu administrasi pada semua program studi dan dinamika kebutuhan user. Bersamaan itu, pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan senantiasa ditingkatkan serta perbaikan sarana dan prasarana pendukung. Data lulusan  Fakultas Ilmu Administrasi  menurut treasure study menunjukkan bahwa mereka  cukup cepat untuk mendapat pekerjaan, bekerja di sektor birokrasi pemerintah, perusahaan swasta, dan menjadi entreprenuer. Dengan demikian,  pendidikan  di FIA – Unitomo  menjadi bagian yang penting dalam meningkatkan sumberdaya manusia yang berkualitas di berbagai institusi.