Unitomo Lakukan Kerja Sama dengan Wuhu Institut Technology of China


Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) kembali melebarkan jejaring kerja sama dengan salah satu perguruan tinggi di China. Rabu (24/04/2024) secara resmi Unitomo dan Wuhu Institut Technology of China di Ruang RM Soemantri Lantai 3 Gedung Rektorat.

 

Dalam pertemuan ini dihadiri Rektor beserta Wakil Rektor dan Dekan Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik Unitomo bersama Rektor dan Perwakilan Interansional Office Wuhu Institut Technology of China. Pertemuan kedua belah pihak sebagai pembicaraan awal terkait implementasi yang akan dilaksanakan sesegera mungkin oleh kedua belah pihak.

 

Rektor Wuhu Institut Teknologi of China, Gao Wu dalam pembicaraan kerjasama ini menawarkan beberapa peluang yang dapat dimitrakan bersama Unibos. “Di Wuhu kami lebih fokus pada bidang keteknikan. Sehingga jika Unitomo ingin melakukan pertukaran pelajar atau mengirim mahasiswa untuk lanjut studi maka kami siap menerima. Jika Rektor Unitomo akan membuka China Corner di Unitomo, maka kami juga akan membuka Indonesia Corner di China”, kata Gao Wu, Rektor Wuhu Institut Technology melalui intrepreternya.

 

Hal tersebut juga disambut baik oleh Rektor Unitomo, Prof. Siti Marwiyah, menurutnya ada banyak hal yang akan diwujudkan melalui kerjasama Wuhu ini. “Tentunya kita akan melibatkan tenaga pengajar Wuhu untuk memberikan pemaparan dalam berbagai bidang ilmu pada setiap conferensi atau seminar internasional Unitomo, utamanya dalam bidang Teknologi Pangan dan Teknik Sipil”, ungkap Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Tata Negara ini.

 

Sementara itu, Dekan FP, Kejora  Handarini mengatakan pihaknya telah memersiapkan tim di fakultas untuk mematangkan laboratorium Teknologi Pangan yang rencananya mendapatkan bantuan sebagaimana tertuang dalam poin kerja sama. “Bersama tim di fakultas telah kami persiapkan untuk bisa bersinergi dengan Wuhu Institut Teknologi of China”, terangnya.

 

Lebih lanjut, Kejora mengatakan telah merencanakan agenda untuk mengunjungi Wuhu Institut Teknologi of China bersama mahasiswa dalam menimba ilmu. “Seperti kata pepatah, tututlah ilmu hingga ke negeri China, dan inilah pintu gerbangnya. Tentunya dengan memberikan bekal selama setahun untuk persiapan bahasa mandarin. Di Wuhu mereka bisa belajar mengenai teknologi terkini dan bidang teknologi pangan yang berbeda dari yang ada di Indonesia. Semoga poin-poin yang tertuang dalam kerjasama ini dapat terwujud dengan baik”, pungkasnya.

 

Sebagai informasi, agenda Wuhu Institut Teknologi of China di Unitomo berlangsung hingga Kamis (25/04/2024). Di Agenda hari ke 2 pihak Wuhu Institut Teknologi of China mengunjungi laboratorium Teknologi Pangan yang nantinya akan mendapat bantuan.

Share this Post