Unitomo Jalin MoU dengan Creative Mind LCC Japan


Jumat (12/08) melalui aplikasi Zoom Universitas Dr. Soetomo Surabaya (Unitomo) menggelar penandatanganan MoU dengan Creative Mind LCC Japan. Kegiatan yang berlangsung secara daring tersebut dihadiri Ibu Ikoku Kogiso Pimpinan dan Pemilik lembaga Creative Mind LCC Japan dan Siti Marwiyah Rektor Unitomo beserta para Wakil Rektor , Dekan Fakultas sastra dan juga Hendro Wardhono Ketua Pusat Studi Bencana dan Lingkungan Unitomo (PSBL).

Dr. Siti Marwiyah, SH, MH sedang memperlihatkan MoU yang sudah di tandatangani

Dalam sambutan pembukanya Siti Marwiyah  Rektor Unitomo sangat mengapresiasi langkah kerjasama ini yang sudah diinisiasi oleh PSBL Unitomo. “ Kerjasama ini sangat penting terutama dalam mendukung kegiatan operasional PSBL. Terutama meningkatkan pengetahuan  dan keterampilan mahasiswa terkait pencegahan dan mengurangan resiko bencana”, ujar Siti Marwiyah

Ikoku Kogiso Pimpinan dan Pemilik lembaga Creative Mind LCC Japan

MoU dengan  Lembaga Creative Mind LCC Japan ini menurutnya bisa di implementasikan dengan berbagai program unggulan Pusat Studi Bencana dan Lingkungan Unitomo serta Pusat Studi Wisata dan Ekonomi Kreatif. “Saya berharap nantinya program dari Creative Mind LCC Japan ini nanti dapat bersinergi dengan program unggulan Pusat Studi Bencana dan Lingkungan Unitomo serta Pusat Studi Wisata dan Ekonomi Kreatif dan kedepan dapat membawa manfaat di kedua belah pihak:, imbuh Siti.

Dr. Hendro Wardhono, M.Si Ketua Pusat Studi Bencana dan Lingkungan Unitomo

Dalam kesempatan lain Hendro Wardhono Ketua PSBL Unitomo menjelaskan ketertarikan pihak Creative Mind untuk bekerjasama dengan pihak Unitomo karena lembaga ini (creative mind) sangat peduli dengan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan bencana dan menilai Unitomo sangat tepat dijadikan mitra karena telah berpengalaman melakukan KKN tematik pencegahan dan penanggulangan bencana. “Pihak Creative Mind tertarik bekerja sama dengan PSBL Unitomo karena mereka ingin memberi edukasi kebencanaan pada anak-anak SD. Dan Unitomo sudah berpengalaman sejak 2015 memberikan sosialisasi kebencanaan di beberapa sekolah dasar dan menengah di Jawa Timur melalui mobil Mobil Edukasi Bencana, “kata Hendro.

Disamping itu menurut Hendro mereka tertarik juga karena adanya kesamaan jenis bencana antara Jepang dan Indonesia. “Karakteristik bencana di Jepang dan Indonesia hampir sama seperti banjir, letusan gunung api, angina puyuh, dan perubahan cuaca ekstrem. Disini nanti mereka akan fokus pada materi edukasi penanggulangan bencana. Selanjutnya pihak Creative mind nantinya dalam kerjasamanya berharap agar mahaiswa Unitomo juga dapat menyumbangkan beberapa konten edukasi penanggulangan bencana dalam bentuk video yang nantinya akan disiarkan di TV Yamagata Jepang,”pungkas Hendro menutup percakapan

Share this Post