Guest Lecture "Chasing Dreams through Storytelling" Memukau Mahasiswa dan Guru Bahasa Inggris di Unitomo


Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) ULISSES, Prodi Sastra Inggris, Fakultas Sastra (FS) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar acara guest lecture (kuliah tamu) berjudul "Chasing Dreams through Storytelling" secara online di Laboratorium Multimedia, FS Unitomo, pada Rabu (27/03/2024). Ketua Panitia, Imelza Novia, menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu realisasi dari program Himaprodi Sastra Inggris untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dan sekolah mitra Prodi Sastra Inggris.

Imelza menekankan pentingnya storytelling sebagai sarana untuk menyampaikan informasi secara emosional dan menarik perhatian audiens. Pendekatan ini memungkinkan cerita disampaikan secara jelas dan ekspresif, membuat audiens lebih tertarik dan fokus dalam menyimak.

Pembina ULISSES, Rommel Utungga P., S.Hub.Int., M. Fil., menjelaskan bahwa guest lecture tersebut menghadirkan Gunawan Tjokro, seorang praktisi storytelling dan storyteller profesional. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dan guru Bahasa Inggris tentang pentingnya storytelling sebagai metode pembelajaran dan sebagai profesi yang menjanjikan. Acara dihadiri sekitar 40 mahasiswa Prodi Sastra Inggris dan beberapa guru Bahasa Inggris dari SD, SMP, dan SMA.

Komunitas guru Bahasa Inggris memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan ini. Mahdar, S.S., M.Hum, dari SMA Dr. Soetomo – Surabaya, menyatakan bahwa materi kegiatan sangat menarik dan memberikan masukan untuk melibatkan lebih banyak siswa SMP dan SMA serta menggelar lomba storytelling. Pendapat serupa juga disampaikan oleh Kusnul Khotimah, S.S guru Bahasa Inggris di SDN Kapasari I/292, Surabaya, yang menganggap penjelasan narasumber sangat bermanfaat bagi para guru dalam mengajarkan keterampilan storytelling kepada siswa.

Tidak hanya para guru, mahasiswa Prodi Sastra Inggris juga memberikan feedback positif. A. Maulana Marharendra, mahasiswa semester 2 Prodi Sastra Inggris Unitomo, menyatakan bahwa narasumber sangat berpengalaman dalam bidang public speaking, khususnya storytelling, dan mengapresiasi kebermanfaatan acara tersebut dalam menambah wawasan. Acara berlangsung dari pukul 11.00 WIB hingga 12.35 WIB dengan sesi Q and A, yang membuat para peserta merasa puas dan berharap akan ada kelanjutannya.



Share this Post