FIA Unitomo Gelar Pelatihan Perpajakan Daerah bagi Pegawai Bapenda se Jatim



Selasa (13/09), Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) bekerjasama dengan Pusat Studi Kebijakan dan Pelayanan Publik menggelar Pelatihan Perpajakan Daerah dan Pelayanan Publik yang diselenggarakan secara hybrid. Bertempat di Ruang RM Soemantri, kegiatan dibuka langsung oleh Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Timur, Hartanto Setiabowo. Dalam sambutannya, Hartanto mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta, terlebih dengan narasumber yang berkompeten dan pernah menggeluti langsung dunia perpajakan pendapatan daerah. “Ikutilah hingga benar-benar menguasai segala materi yang disampaikan, dan yakinlah kegiatan seperti ini menjadi investasi pengetahuan bagi saudara - saudara semua”, ujarnya.

 

Diikuti sekitar 660 peserta dari Pegawai Tidak Tetap Dengan Perjanjian Kontrak (PT2DPK) Bapenda se Jatim, kegiatan ini mendatangkan Aris Sunarya, Doktor Bidang Kebijakan Publik sebagai narasumber. Rektor, Siti Marwiyah yang turut hadir dalam kegiatan mengatakan, kegiatan pelatihan bisa menjadi pengayaan pengetahuan bagi peserta. “Jadi nanti Ketika teman-teman semua diangkat menjadi apparatus sipil negara di Bapenda, telah siap secara pengetahuan terkait perpajakan daerah dan pelayanan publik”, ungkapnya.

 

Sementara itu, Aris Sunarya memaparkan bagaimana pentingnya memahami dasar-dasar pajak daerah. “Saya yakin hal ini pasti semuanya sudah tau, tapi kecenderungannya mengecilkan atas dasar – dasar pajak daerah itu sendiri, maka di sinilah bersama-sama kita pahami, meskipun sekitar 610 peserta lainnya mengikuti secara daring”, terang Aris yang juga Dosen FIA Unitomo.

 

Aris menambahkan, selain menerangkan terkait perpajakan daerah, pengalamannya selama beberapa tahun di Bapenda Jatim pun dibagikan ke seluruh peserta pelatihan. “Ini menjadi penting bagi peserta, mengingat tidak hanya sekedar teori saja yang saya share dalam pelatihan. Karena ke depan sedikit banyak pengalaman – pengalaman ini yang bisa menjadi watchout menjalankan tugas mulianya di Bapenda”, pungkasnya.





Share this Post