Jurusan & Program Studi

Visi, Misi, dan Tujuan Prodi Administrasi Negara

Visi
Pada tahun 2020 menjadi program studi yang menghasilkan tenaga ahli di bidang kebijakan publik dan pelayanan publik yang memiliki kompetensi tinggi dalam akademik, moralitas dan kepedulian sosial.

Misi
1.
Mengembangkan relevansi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang administrasi negara yang sarat dengan
kompetensi kebijakan publik dan pelayanan publik;
2. Mempersiapkan mahasiswa menjadi individu yang berilmu, terampil dan memiliki kompetensi, serta mampu berpartisipasi
secara produktif dalam kehidupan masyarakat, dan peluang kerja; dan
3. Menciptakan lingkungan program studi yang akademis, nyaman, tenang dan profesional.

Tujuan
1.
Meningkatkan kualitas pembelajaran untuk mencapai kompetensi program studi yakni: pelayanan publik dan kebijakan publik,
serta meningkatkan soft skill mahasiswa;
2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang memberi kontribusi kepada institusi, masyarakat, dan kelompok
sasaran;
3. Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah maupun non-pemerintah; dan
4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan minat.

  1. MATRIK PROFIL LULUSAN
PROFIL KLASIFIKASI KOMPETENSI
PENCIRI PRODI PENCIRI INSTITUSI
LEARNING OUTCOMES (KOMPETNSI UTAMA) KOMPETENSI PENDUKUNG KOMPETENSI LAINNYA
Manager publik tingkat 1 di instansi pemerintah atau sektor publik Aplikasi ilmu administrasi pada  kebijakan publik, manajemen aparatur pemerintah, pengembangan organisasi pemerintah, Reformasi Administrasi,  E-Gov, dan pengendalian intern pemerintah Mampu bekerjasama, berani mengambil keputusan, inovatif Mampu melakukan percakapan bahasa inggris
Aplikasi administrasi di lembaga pendidikan, lembaga pelayanan kesehatan, dan pengadaan barang dan jasa Aplikasi ilmu administrasi dalam administrasi lembaga pendidikan, administrasi pelayanan di lembaga kesehatan, dan administrasi pengadaan barang dan jasa pemerintahan. Bersedia belajar, kreatif, memiliki adaptasi terhadap lingkungan Memiliki jiwa kewirausahaan atau berani menetapkan pilihan untuk bekerja di sektor publik
Birokrat tingkat operasional Aplikasi Word, Excel, dan Acees dalam korespondensi pemerintahan, worksheet pemeritahan, dan database pemerintahan Aktif dan memiliki inisiatif, teliti, cekatan, terampil Mampu mengoperasikan Microsoft Word, Excel, dan Microsoft Acces
Pelopor dan motivator di masyarakat Aplikasi ilmu pengetahuan : Kepemimpinan, Perilaku Organisasi, Komunikasi Administrasi, Humas pemerintahan, Organisasi dan manajemen Mampu berkomunikasi ; berpikir analitis dan kritis ; rela berkorban ;  memiliki  sifat asah, asih dan asuh ; Kemampuan memecahkan persoalan di masyarakat

2. PROFESI LULUSAN

PROFIL LULUSAN

PROFESI LULUSAN

Manager publik tingkat 1 di instansi pemerintah atau sektor publik 1. Kepala Seksi
2. Kepala Unit Kerja
3. Ketua TIM pelaksana kegiatan
4. Ketua pelaksana kegiatan
Aplikasi administrasi di lembaga pendidikan, lembaga pelayanan kesehatan, dan pengadaan barang dan jasa 5. Petugas operasional  administrasi atau Tata Usaha
6. Petugas bidang perencanaan program
7. Petugan pengadaan barang dan jasa.
Birokrat tingkat operasional 8. Petugas terdepan dalam pelayanan publik
9. Konseptor dalam formulasi kebijakan publik.
10. Petugas dalam pelaksanaan program kegiatan ( Implementor)
di instansi pemerintah / sektor publik.
11. Petugas dalam evaluasi program kegiatan pemerintah / sektor
publik
12. Petugas yang membuat surat menyurat, lembar kerja dan
operator database di instansi pemerintah / sektor publik.
13. Petugas di bidang Humas organisasi pemerintah dan sektor
publik.
14. Petugas desk informasi di instansi pemerintah.
Pelopor dan motivator di masyarakat 15. Peneliti di lembaga Swadaya Masyarakat.
16. Pekerja sosial dalam  kegiatan sosial di masyarakat.
17. Tenaga pembina dan/ pendamping kegiatan di masyarakat.
18. Perencana, pelaksana dan evaluasi dalam kegiatan
kemasyarakatan
19. Pelopor kegiatan di masyarakat.
20. Motivator di lingkungan sosial.
  1. OUTPUT LEARNING

C.1. KEMAMPUAN KERJA ( WORK ABILITY )

  1. Mampu merumuskan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi pada level operasional di Organisasi publik
  2. Mampu melaksanakan pelayanan publik, kegiatan administrasi, sumber daya manusia, keuangan, pengembangan, dan pelaksanaan program kerja, pada level operasional di organisasi publik
  3. Mampu mengidentifikasi masalah kebijakan publik dan manajemen organisasi pada level operasional, serta mengambil tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternatif yang  dikembangkan, dengan menerapkan prinsip-prinsip pengambilan keputusan yang berakar pada kearifan lokal
  4. Mampu menerapkan metode ilmiah, pendekatan akademis, pendekatan administratif, dan pendekatan regulasi dalam kegiatan organisasi pemerintah dan sektor publik.
  5. Mampu mengambil keputusan dan bertindak secara objektif dengan tetap memperhatikan etika dan nilai-nilai kemanusiaan.
  6. Mampu berkomunikasi secara lesan maupun tertulis dari dan untuk organisasi pemerintah maupun sector public.
  7. Mampu melakukan kajian empirik terhadap peraturan dan tata kerja pemerintahan dari sisi administrasi, proses, hasil, dan dampak.
  8. Mampu mengoperasikan computer untuk keperluan surat menyurat, pengolahan lembar kerja, dan pengelolaan database baik pada organisasi pemerintahan maupun sector public lainnya.

C.2. PENGUASAAN PENGETAHUAN ( MASTERY OF KNOWLEDGE )

  1. Menguasai teori, metode dan perangkat analisis aktivitas organisasi, mencakup perumusan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, serta pengukuran kinerja pada organisasi pemerintah dan sector publik
  2. Menguasai prinsip kepemimpinan, pelayanan publik, manajemen sumber daya manusia, perumusan dan pelaksanaan serta evaluasi kebijakan publik.
  3. Menguasai konsep tentang manajemen strategis sektor publik mancakup rencana, pelaksanaan, dan evaluasi strategis sektor publik
  4. Menguasai metodologi penelitian yang mencakup studi kasus, survey, eksploratif, dan deskriptif, baik pada penelitian kualitatif maupun  kuantitatif pada organisasi pemerintah dan sektor publik
  5. Menguasai etika dan nilai-nilai kemanusiaan baik dalam kegiatan administrative, pelayanan publik, maupun dalam aktivitas kebijakan public.
  6. Menguasai prinsip dan  teknik komunikasi dalam aktivitas administrasi, kegiatan humas organisasi pemerintah dan sector public lainnya.
  7. Menguasai pengetahuan tentang regulasi dan tata kerja pemerintahan baik dalam tingkat lokal, nasional, regional,  dan global.
  8. Menguasai pengetahuan tentang organisasi dan manajemen pembangunan, serta konsep kemitraan pemerintah dan swasta dalam kegiatan pembangunan.

C.3. SIKAP KHUSUS ( SPECIAL ATTITUDE )

  1. Beriman kepada Tuhan
  2. Memiliki rasa cinta dan bangga kepada bangsa dan negara
  3. Peduli terhadap penderitaan sesama manusia
  4. Memiliki jiwa wiraswasta
  5. Beretika dan bermoral
  6. Disiplin dan mentaati ketentuan dan peraturan dengan sepenuh hati.
  7. Berani bertanggung jawab dalam setiap beban tugas dan pekerjaan yang dilakukan.
  8. Aktif, kreatif, dan Inovatif untuk semakin produktif dalam lingkungan kerja.
  9. Percaya diri, sadar diri dan tahu diri dalam lingkungan kerja.
  10. Mampu bersaing, berprestasi, dan beradaptasi di dunia kerja.

C.4. PROFESI

  1. Kepala Seksi
  2. Kepala Unit Kerja
  3. Ketua TIM pelaksana kegiatan
  4. Ketua / Sekretaris pelaksana kegiatan di instansi pemerintah / sektor publik.
  5. Petugas operasional administrasi atau Tata Usaha di instansi pemerintah / sektor publik.
  6. Petugas bidang perencanaan program di instansi pemerintah / sektor publik.
  7. Petugas pengadaan barang dan jasa di instansi pemerintah / sektor publik.
  8. Petugas terdepan dalam pelayanan publik
  9. Konseptor (Tim Perumus) dalam formulasi kebijakan publik.
  10. Petugas dalam pelaksanaan program kegiatan ( Implementor) di instansi pemerintah / sektor publik.
  11. Petugas dalam evaluasi program kegiatan pemerintah / sektor publik.
  12. Petugas yang membuat surat menyurat, lembar kerja, dan operator database di instansi pemerintah / sektor publik.
  13. Petugas di bidang Humas organisasi pemerintah dan sektor publik.
  14. Petugas desk informasi di instansi pemerintah / sektor publik.
  15. Peneliti di lembaga Swadaya Masyarakat.
  16. Pekerja sosial dalam kegiatan sosial di masyarakat.
  17. Tenaga pembina dan/ pendamping kegiatan di masyarakat.
  18. Perencana, pelaksana dan evaluasi dalam kegiatan kemasyarakatan.
  19. Pelopor kegiatan di masyarakat.
  20. Motivator di lingkungan sosial.